Rabu, 20 Juni 2012

Gastrucid tablet

GASTRUCID tablet kunyah
Mengurangi keasaman lambung yang berlebihan dan asam lambung

KOMPOSISI :
Tiap tablet kunyah mengandung :
Magnesium Hyroxide 325 mg
Aluminium Hydroxide gel kering setara dengan Aluminium Hydroxide 325 mg
Dimethylpolysiloxane 50 mg

FARMAKOLOGI :
Gastrucid adalah preparat antasida yang efektif, merupakan kombinasi dari dua antasida dengan suatu antiflatulen. Magnesium hydroxide, antasida ini menetralkan asam lambung sehingga mengurangi efek destruktif asam lambung. Akibatnya antasida ini akan mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh hiperasiditas dan pepsin seperti nyeri epigastrium, heartburn, juga gejala hiperasiditas yang bersamaan dengan ulkus peptik, gastritis. 
Efek ini diperpanjang oleh aluminium hydroxide
dalam kombinasi yang seimbang supaya dapat saling menetralkan antara efek katartik magnesium hydroxide dan efek konstipasi aluminium hydroxide.
Dimethylpolysiloxane suatu zat antibusa untuk mengurangi asam kembung.
Obat ini mengurangi pembentukan gelembung gas dari cairan lambung atau membantu memecahkannya sehingga mudah dikeluarkan melalui sendawa.

INDIKASI :
Untuk meredakan gejala sakit maag karena kelebihan asam lambung seperti perih, mual dan kembung.

DOSIS :

Dewasa : 3 x sehari 1-2 tablet sesudah makan atau sebelum tidur.


PERINGATAN DAN PERHATIAN :
  • Gastrucid harus diberikan dengan hati-hati pada penderita gangguan fungsi ginjal karena garam magnesium dapat menyebabkan depresi susunan saraf pusat.
  • Juga pada penderita dengan diet rendah phospor, karena aluminium hydroxide bereaksi dengan phosphate akan membentuk aluminium phosphate yang tidak larut sehingga dapat timbul defisiensi phosphor.
  • Tidak dianjurkan untuk digunakan terus-menerus (lebih dari 2 minggu) atau pada anak di bawah usia 6 tahun, kecuali atas petunjuk dokter.
  • Gastrucid akan menganggu absorpsi tetracycline atau cimetidine. Karena itu bila gastrucid digunakan bersama salah satu obat tersebut harus diberikan 2 jam setelah pemberian antasida.
EFEK SAMPING :
Mual, muntah, diare dan sembelit (jarang).

KEMASAN :
Dus isi 10 strip @10 tablet kunyah No. reg. DBL8718203463A1

PENYIMPANAN :
Simpan dalam wadah tertutup rapat pada suhu kamar (25-30ÂșC)

SEMARANG - INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar